Unity Tutorial - Raycasting


Unity Tutorial - Raycasting
Unity Tutorial - Raycasting

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Raycasting pada Unity. 
Artikel ini saya buat karena ada teman saya yang punya kasus, dimana dia ingin ketika melakukan klik tombol kiri pada mouse ataupun sentuh pada layar smartphone pada area objek 3d maka akan melakukan suatu perintah seperti objek yang lainnya menghilang. Maka dari itu saya menyempatkan waktu untuk membuat artikel ini. 
Semoga kasusnya dapat terselesaikan 😀
Sebelum melanjutkan ke tutorial, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu Unity dan Raycasting.
Apa itu Unity? 
Singkatnya Unity adalah suatu game engine atau aplikasi yang digunakan untuk membuat game baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Aplikasi ini juga dapat memungkinkan kita membuat game untuk Windows, Macos, iOS, Android, Web dan lain sebagainya.

Apa itu Raycasting?
Singkatnya Raycasting adalah suatu proses penggunaan Ray atau Line atau seperti Garis yang kita tentukan posisi awal, arah dan panjangnya. Raycasting digunakan untuk melakukan pendeteksian pada suatu objek ketika objek tersebut terkena Ray maka akan memberikan informasi mengenai objek tersebut yang nantinya akan kita gunakan sesuai kebutuhan kita. 

Ok segitu saja penjelasan dari Raycasting, berikut video tutorial mengenai Raycasting.
Semoga Bermanfaat 😁


Ada pertanyaan, kritik dan saran, kesalahan ketik ataupun lain sebagainya
Silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar 😎

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan klik share agar teman - teman kita yang mengalami kasus yang sama dapat terselesaikan.

Post a Comment

0 Comments